5 Tahap Awal Keguguran yang Mesti Disadari Perempuan

5 Tahap Awal Keguguran yang Mesti Disadari Perempuan

Keguguran pastinya menjadi mimpi buruk bagi setiap wanita yang sedang menanti kelahiran buah hati mereka. Kondisi tersebutlah yang kemudian membuat banyak wanita mesti paham sekaligus waspada terhadap hal tersebut. Salah satu bentuk waspada tersebut adalah dengan mengetahui 5 tahap awal dari wanita hamil yang mengalami kondisi ini.

1. Biasa Terjadi di Minggu Awal Kehamilan

Banyak yang bilang bahwa kehamilan apabila masih memasuki bulan-bulan pertama maka tingkat risikonya terbilang tinggi. Kondisi tersebutlah yang kemudian membuat tingkat bayi mengalami kematian di dalam rahim menjadi sangat tinggi. Biasanya usia kehamilan yang tergolong memiliki risiko masih tinggi berada di usia di bawah tiga minggu kehamilan.

2. Mengalami Pendarahan

Pendarahan memang sudah lama diketahui sebagai salah satu pertanda buruk bagi kehamilan. Soalnya banyak kasus para ibu hamil yang mesti kehilangan janinnya gara-gara pendarahan yang dialaminya. Namun untuk bisa sampai ke tahap kehilangan janin biasanya pendarahan tersebut tergolong sangat parah dan juga berulang dalam waktu yang bersamaan.

Biasanya pendarahan yang mesti diwaspadai oleh setiap ibu hamil adalah pendarahan yang mengakibatkan keluarnya darah segar dan juga rasa kram pada perut. Kombinasi tersebut biasanya hanya terjadi pada wanita hamil yang mengalami masalah hebat pada rahimnya. Terutama kondisi mengalami benturan hingga kontraksi yang terjadi secara berlebihan.

3. Rasa Nyeri yang Luar Biasa

Tahap keguguran berikutnya yang juga mesti disadari oleh setiap wanita hamil adalah terjadinya rasa nyeri yang luar biasa. Bagi para wanita hamil, rasa nyeri memang adalah sesuatu yang sangat wajar. Biasanya rasa nyeri tersebut terjadi karena pergerakan konstan yang dilakukan oleh janin di dalam rahim ibu dan membuat nyeri itu lantas bisa dirasakan.

Namun, rasa nyeri tersebut akan menjadi berbahaya apabila ternyata rasa nyerinya tergolong luar biasa. Bukan hanya itu, rasa nyeri tersebut biasanya juga dibarengi dengan kram perut yang sangat menyiksa. Hampir bisa dipastikan bahwa kehamilan tersebut berada dalam risiko bahaya dan mesti dibawa kebawa ke pihak medis secepatnya sebelum terlambat.

4. Sakit Punggung di Bagian Bawah

Sakit punggung pada ibu hamil juga terbilang masih wajar karena menanggung berat di perut. Namun apabila sakit punggung tersebut terjadi di bagian bawah dan juga terasa sangat menyiksa maka Anda harus waspada. Soalnya bisa jadi kondisi tersebut adalah tanda terjadinya gangguan pada kehamilan Anda.

5. Menstruasi yang Terlambat Datang

Tanda terakhir yang juga mesti Anda waspadai adalah terjadinya menstruasi yang terlambat datang. Menstruasi yang terlambat memang tanda kehamilan terjadi. Namun, bila sudah telat dua hingga tiga minggu namun kemudian menstruasi lagi, Anda patut waspada.

Dengan mengetahui berbagai tahapan ketika keguguran terjadi mestinya membuat Anda lebih waspada lagi. Terutama bagi Anda yang kehamilannya tergolong masih awal dan berada di trimester pertama. Hal ini tentunya dilakukan untuk mencegah berbagai hal yang tidak diinginkan sampai terjadi.